Etika Menulis di Internet

“Emang di intenet aja harus pake etika segala ? kayanya gak perlu kan intenet tuh bebas, bebas berpendapat, bebas berekspresi dan bebas mau ngapain aja.. “

Mungkin pikiran itu yang selalu ada dibenak para netters tetapi pada kenyataannya tidak. Menulis selain memerlukan skill dan bakat tetapi juga memerlukan adab karena segala yang kita tuliskan  dinilai oleh netters lain di seluruh dunia.

Internet pada awalnya dibuat sebagai alat untuk berkomunikasi secara digital dengn orang lain di seluruh dunia, maka mari kita jadikan internet sebagai alat untuk lebih membangun dunia ini, salah satunya yaitu dengan menulis di internet.

Berikut ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bila kita ingin menulis di intenet :

  1. Pakailah bahasa yang sopan.
  2. Memakai bahasa yang mudah dimengerti sehingga memudahkan pembaca di internet mengerti akan maksud tulisan yang anda buat.
    Relevankan dengan komunitas yang dituju, sebagai contoh bila menulis untuk kalangan mahasiswa bisa memakai bahasa sehari-hari tetapi jika ditujukan untuk kalangan bisnis sebaiknya memakai bahasa Indonesia baku.
  3. Tidak berisikan tentang SARA, fitnah atau perbuatan tidak terpuji lainnya.
  4. Jika ingin mengkritik orang lain atau komunitas atau lembaga, pakailah kata-kata yang sopan, tidak berkesan menghina atau merendahkan dan tidak bernada ancaman.
  5. Penulis harus bisa bertanggung jawab atas apa yang ia tuliskan.

Selama semua yang kita tulis tidak merugikan orang lain dan dapat bermanfaat, maka kita tidak perlu takut untuk menulis tetapi kita juga perlu untuk memperhatikan kaidah-kaidah penulisan yang baik.

Demikianlah semoga tulisan singkat saya ini bisa bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: